Delete everything with rm -rf / --no-preserve-root - HeroIT

Learn until whenever

Jumat, 01 Desember 2017

Delete everything with rm -rf / --no-preserve-root




Ya mungkin itulah judul yang pas untuk hari ini , 😓 kejadian yang tidak pernah saya lupakan 
seharusnya saya sudah ngeh dengan perintah itu, tapi mungkin karena saya sedang terburu-buru jadi yaah gitu lah kejadian nya, biar gak penasaran saya cerita dari awal aja.

Jadi awal mula nya, saya pengguna linux khususnya untuk distro backbox, saya akan menjelaskan sedikit backbox ini distro turunan ubuntu yang basic nya adalah untuk pentesting tapiiiiiii, karena ada suatu keperluan saya ingin menginstall LAMP saya gak akan jelasin apa itu lamp kalian bisa cari sendiri di internet banyak, jadi awalnya saya lupa password untuk mysql saya, nah tindakan pertama saya adalah mereset pass mysql saya, tapi gagal akhirnya saya bingung nah saya terpaksa harus uninstall mysql-server & client dan phpmyadmin dan saya install lagi dan insyaallah saya tidak lupa pass nya, oke singkat nya masalah lupa pass mysql sudah fix, belum cukup sampai disitu ketika saya ketikan localhost/phpmyadmin di address bar web browser malah keluarnya seperti ini


Saya bikin extra-large biar keliatan, nah sampai disitu saya mulai bingung akhirnya saya ubek-ubek google,ask ubuntu, sampai stackoverflow huehehehe sebenernya saya sempat melihat error seperti ini di salah satu forum di facebook tapi saya lupa di forum mana, nah akhirnya saya tanya ke forum linux di telegram gak tanggung-tanggung forum luar negeri langsung wkwkwkwk (sok iya).

Nah di sinilah awal bencana yang menimpa saya :v saya ss percakapan nya, awal nya saya bertanya seperti ini


kemudian ada salah satu member yang menjawab 


nah seharusnya saya sudah ngeh dengan jawabannya, tapi karena saya terlalu terburu-buru dan karena semaleman gak tidur 😓 yaa jadi begitulah, dengan kondisi yang sedang terburu-buru saya sempat menanyakan kenapa bisa terjadi seperti itu 


Lalu saya eksekusi perintah yang di berikan di terminal linux saya, sebenernya itu baru saya oprek,dan jujur saja saya suka tampilan nya 😔 di sinilah terjadi nya human error saya baru ngeh ketika saya tekan enter yaaaa saya sudah berusaha dengan ctrl-x, ctrl-c tapi yaaa nasi sudah menjadi bubur ayam,  rm -rf / --no-preserve-root  adalah perintah untuk menhapus direktori root artinya semua file yang ada pada harddisk terhapus termasuk file system nya, dan jangan harap bisa booting, lalu saya restart laptop nah di sini klimaksnya keluarlah grub rescue, yah saya sedikit kecewa hari ini karena "keterburu-buruan" saya beruntung saya dual boot dengan windows, dan semua file-file penting ada di windows walaupun ada file penting di backbox tapi yaaa saya ikhlaskan, saya recovery menggunakan bootable cd windows dan bisa masuk 😓 h-1 sebelum uas gasal yang sangat mengecewakan.

Pesan saya jangan terburu-buru dalam mengerjakan sesuatu, slow but sure, alon-alon asal kelakon semoga curhatan saya ini bermanfaat bagi kalian see you 😢😢😢



Tidak ada komentar:

Posting Komentar