str_rot13 dan penggunaanya pada php - HeroIT

Learn until whenever

Sabtu, 04 November 2017

str_rot13 dan penggunaanya pada php








Selamat malam minna san, bertemu lagi dengan saya :) hehehe,dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai fungsi str_rot13, hmm apa itu str_rot13 ???????

kita mulai dari pengertian nya

1.ROT_13

menurut wikipedia rot_13 berasal dari Bahasa Inggris rotate by 13, putar 13 kali, adalah algoritma enkripsi sederhana yang menggunakan sandi abjad-tunggal dengan pergeseran k=13 (huruf A diganti dengan N, huruf B diganti dengan O, dan seterusnya). Enkripsi ini merupakan penggunaan dari sandi Caesar dengan geseran 13. ROT13 biasanya digunakan di forum internet, agar spoiler, jawaban teka-teki, kata-kata kotor, dan semacamnya tidak terbaca dengan sekilas. Hal ini mirip dengan mencetak jawaban TTS secara terbalik di surat kabar atau majalah.

ya seperti itu, rot_13 adalah encryptor sederhana yang menggeser posisi urutan huruf  sebanyak 13 karakter numerik dan non abjad kedepan atau ke belakangnya. seperti artikel sebelumnya mengenal base64 dan penggunaanya pada php str_rot13 ini salah satu dari beberapa encode seperti base64,base32, dan gzdeflat, emmm encode ini jarang di gunakan untuk mengamankan data ya ?? karena mungkin terlalu sederhana.

2. Penggunaanya Pada PHP

Lalu setelah kita mengetahui pengertian nya, bagaimana penggunaan fungsi str_rot13 pada php ???
oke langsung saja

Berikut contoh penggunaan fungsi str_rot13 :




Kemudian hasilnya jadi seperti ini :



Lalu bagaimana mengembalikan nya :




Beginilah hasilnya :


sama kan :v oke sekian dulu sampai disini mohon maaf kalo banyak kekurangan see you :*




Tidak ada komentar:

Posting Komentar