Cara Mengatasi Error Mount Partisi Windows Dual Boot Ubuntu - HeroIT

Learn until whenever

Minggu, 21 Januari 2018

Cara Mengatasi Error Mount Partisi Windows Dual Boot Ubuntu






Cara Mengatasi Error Mount Partisi Windows Dual Boot Ubuntu~ Error mounting biasanya terjadi saat kita melakukan dual boot, masalah terjadi saat saya ingin membuka partisi D windows saya yang mana itu adalah partisi data di windows saya dan error seperti gambar di atas muncul, penyebab nya yaitu fitur Startup kebetulan saya dual boot dengan windows 10 dan perlu kalian ketahui fitur Startup ada pada windows 8 dan 10 yang mana membuat waktu startup lebih cepat, fitur ini disebut juga fast startup.

Dengan Fast Startup, Windows menyimpan beberapa informasi seperti chacing, registry, dll untuk file selama proses shutdown. Bagian dari metadata tentang keadaan semua partisi yang dipasang pada saat turn off, berada di antara sistem informasi tersebut. Hal ini yang membuat startup Windows lebih cepat.

Karena informasi tentang partisi NTFS disimpan dalam Windows, hal ini yang mencegah Ubuntu untuk me-mount partisi di Ubuntu dan mengubah metadata dari partisi.

Oke itulah sedikit penjelasan penyebab error mounting pada partisi windows, nah lalu bagaimana mengatasi nya ????

Pertama buka terminal Ubuntu kalian, kemudian ketikkan
sudo ntfsfix /dev/sda5
Oh ya /dev/sda5 adalah letak partisi windows saya, kalian bisa melihat nya di pesan error nya



Bisa kalian lihat gambar di atas partisi partisi D windows saya terletak di /dev/sda5, mungkin punya kalian beda :).

 

Jika sudah buka partisi windows kalian, dan hasil nya partisi windows bisa di buka, itulah tutorial sederhana dari saya, sekian selamat malam dan see you 😙😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar