SERANGAN WANNACRY RANSOMEWARE SAMPAI KE INDONESIA - HeroIT

Learn until whenever

Sabtu, 13 Mei 2017

SERANGAN WANNACRY RANSOMEWARE SAMPAI KE INDONESIA


Baru-baru ini kominfo menghimbau bagi pengguna internet di indonesia untuk lebih hati-hati
karena, WannaCryptor dikenal juga sebagai WCRY, kali ini melakukan serangan dalam gelombang besar ke seluruh dunia. Berbagai perusahaaan baik besar maupun kecil, ikut menerima dampak dari ransomware berbahaya ini.kabarnya ESET yang mendeteksi varian WannaCry ini sebagai Win32/Filecoder.
WannaCryptor.D trojan ikut bertarung menghadapi serangan membabi buta dari penjahat siber yang berada di belakang ransomware WannaCry.

     Sampai saat ini, belum terdata secara pasti berapa banyak perusahaan di Indonesia yang terkena serangan dari ransomware WannaCry. Namun, ESET Indonesia mendeteksi kehadiran WannaCry di Indonesia, dan berhasil menaklukan ransomware ini saat mencoba menyerang komputer yang menggunakan antivirus ESET.

ESET telah mengklaim bisa menangani virus wannacry ini, dengan memasukan virus ini ke database nya win32/filecoderwannacryptor.
sasaran virus ini adalah SMB (server message box) bisa jadi sasaran nya lab komputer sekolah kalian, pastikan jangan sembarangan membuka email, dan senantiasa mengupdate database antivirus
kalo bisa untuk mengantisipasi serangan ini backup file2 penting kamu agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan, matikan fungsi macros dan SMBv1 di server sekolah,blok port 139/445 & 3389
pake antivirus eset.
ingat selama ip router bisa akses publik virus ini akan terus menyebar,dan bagi pengguna windows xp
di sarankan untuk update windows karena patch dari microsoft sudah tidak tersedia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar